VIII. Struktur Pasar

Struktur Pasar 
Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu: 

A.Pasar Persaingan Sempurna yaitu Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. 
Jumlah output yang diproduksi perusahaan agar mencapai laba maksimal adalah pada saat MR=MC. Ekstrim pertama, perusahaan berada dalam pasar persaingan sempurna (perfect competition), dimana jumlah perusahaan begitu banyak dan kemampuan setiap perusahaan sangat kecil untuk mempengaruhi harga pasar. Ekstrim kedua adalah perusahaanhanya satu ±satunya produsen (monopoli). 

Kondisi ekstrim tersebut jarang sekali terjadi, umumnya dua kondisi peralihan antara ekstrim persaingan sempurna dan monopoli. Kondisi pertama adalah perusahaan bersaing, tetapi masing ±masing mempunyai daya monopoli (terbatas), disebut persaingan monopolistic (monopolistic competition). Kedua adalah dalam pasar hanya ada beberapa produsenyang jika bekerja sama mampu menghasilkan daya monopoli dikenalsebagai oligopoli (oligopoly ). 

Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna 
a.Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen 
b.Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan sempurna 
c.Output sebuah perusahaan relatif kecil dibanding output pasar 
d.Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar 
e.Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar 

B.Pasar Persaingan tidak Sempurna yang terdiri atas: 
a.Pasar Monopoli : Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. 
b.Pasar Oligopoli : Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. 
c.Pasar Duopoli : Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun padaPasar duopoli hanya ada dua perusahaan. 
d.Pasar Persaingan Monopolistik : Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. 
e.Pasar Monopsoni : Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli. 
f.Pasar Oligopsoni : adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen. 

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_pasar danhttp://www.scribd.com/henra_syam/d/33995958-STRUKTUR-PASAR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: