augmented reality

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda – benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Benda – benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat Augmented Reality sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan – kegiatan dalam dunia nyata.

Augmented Reality dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang kesehatanmiliter, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat – perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam.

Berikut perangkat – perangkat yang ada didalam Augmented Reality:

·         Head Mounted Display

Terdapat dua tipe utama perangkat Head-Mounted Display (HMD) yang digunakan dalam aplikasi realitas tertambah, yaitu opaque HMD dan see-through HMD. Keduanya digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan dan memiliki keuntungan dan kerugian masing – masing.

·         Opaque Head-Mounted Display

·         See-Through Head-Mounted Display

See-through HMD menyerap cahaya dari lingkungan luar, sehingga memungkinkan pengguna untuk secara langsung mengamati dunia nyata dengan mata.

·         Virtual Retinal Display

Virtual retinal displays (VRD), atau disebut juga dengan retinal scanning display (RSD), memproyeksikan cahaya langsung kepada retina mata pengguna. Tergantung pada intensitas cahaya yang dikeluarkan, VRD dapat menampilkan proyeksi gambar yang penuh dan juga tembus pandang, sehingga pengguna dapat menggabungkan realitas nyata dengan gambar yang diproyeksikan melalui sistem penglihatannya. VRD dapat menampilkan jarak pandang yang lebih luas daripada HMD dengan gambar beresolusi tinggi.

·         Tampilan Berbasis Layar

Sistem berbasis layar dapat memproyeksikan gambar kepada pengguna menggunakan tabung sinar katode atau dengan layar proyeksi. Tampilan berbasis layar ini juga telah diaplikasikan kepada perangkat genggam. Pada perangkat – perangkat genggam ini terdapat tampilan layar LCD dan kamera. Perangkat genggam ini berfungsi seperti jendela atau kaca pembesar yang menambahkan benda-benda maya pada tampilan lingkungan nyata yang ditangkap kamera.

Berikut Penggunaan Augmented Reality dalam beberapa bidang:

·         Kesehatan

Contoh penggunaannya adalah pada pemeriksaan sebelum operasi, seperti CT Scan atau MRI, yang memberikan gambaran kepada ahli bedah mengenai anatomi internal pasien. Dari gambar-gambar ini kemudian pembedahan direncanakan. Penggunaan lain adalah untuk pencitraan ultrasonik, di mana teknisi ultrasonik dapat mengamati pencitraan fetus yang terletak di abdomen wanita hamil.

·         Manufaktur dan reparasi

Bidang lain di mana Augmented Reality dapat diaplikasikan adalah pemasangan, pemeliharaan, dan reparasi mesin – mesin berstruktur kompleks, seperti mesin mobil. Instruksi – instruksi yang dibutuhkan dapat dimengerti dengan lebih mudah dengan Augmented Reality, yaitu dengan menampilkan gambar – gambar tiga dimensi di atas peralatan yang nyata.

·         Hiburan

Contohnya adalah pada acara laporan cuaca dalam siaran televisi di mana wartawan ditampilkan berdiri di depan peta cuaca yang berubah. Dalam studio, wartawan tersebut sebenarnya berdiri didepan layar biru atau hijauPencitraan yang asli digabungkan dengan peta buatan komputer menggunakan teknik yang bernama chroma-keying.

·         Pelatihan Militer

Kalangan militer telah bertahun – tahun menggunakan tampilan dalam kokpit yang menampilkan informasi kepada pilot pada kaca pelindung kokpit atau kaca depan helm penerbangan mereka. Ini merupakan sebuah bentuk tampilan realitas tertambah.

·         Navigasi Telepon Genggam

Saat ini ada 3 Sistem Operasi telepon genggam besar yang secara langsung memberikan dukungan terhadap teknologi Augmented Reality melalui interface pemrograman aplikasinya masing – masing. Untuk dapat menggunakan kamera sebagai sumber aliran data visual, maka Sistem Operasi tersebut mesti mendukung penggunaan kamera dalam modus pratayang. Khusus untuk Sistem Operasi iPhone dan Android, ada 2 pemain besar (Layar dan Wikitude) di dunia Realitas Tertambah yang telah membuka antarmuka pemrograman aplikasi mereka untuk dapat dipergunakan secara gratis dengan syarat dan prasyarat tertentu.

arti kata :

Augmented Reality : realitas bertambah
virtual : maya
Virtual Reality : realitas maya
realtime : waktu nyata
user : pemakai
smartphone : telepon pintar
operating system : sistem operasi
Head Mounted Display : tempilan yang terpasang di kepala
opaque : tembus cahaya
see-through : tembus pandang
Opaque Head-Mounted Display : tampilan tembus pandang yang terpasang di kepala
Virtual Retinal Display : tampilan maya retina
retinal scanning display (RSD) : layar pemindai retina
LCD
CT Scan
MRI
ultrasonik
chroma-keying
interface : antar muka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: